Hari terakhir di Kyoto akan kami gunakan dengan mengunjungi Fushimi inari, Arashiyama dan Sagano Scenic trail by romantic train.

Pagi-pagi kami sudah check out dari hostel, titip koper di station dan berangkat dengan kereta menuju Fushimi Inari terlebih dahulu. Untuk locker di kyoto station, pilih sesuai dengan ukuran koper kamu. Sangat mudah mencari lokasi locker ini dan cara penggunaannya pun mudah. Jangan lupa difoto lockernya supaya tidak lupa.

Pathway to fushimi inari
Just keep walking until you see the gate

Cuaca mendung ketika kami selesai dari fushimi inari, jadi saya bersama slah seirang teman memutuskan untuk mampir dulu ke salah satu toko untuk beli payung transparan, segaja beli buat gaya juga sih selain untuk melindungi diri dari hujan. Dan kami juga mencoba  salah satu jajanan yang menarik di mata kami, karena cara pembuatannya yang unik.

Penunjuk di fushi inari station

Next stop, Arashiyama…..

Inside train to arashiyama
Arashiyama station dengan gaya retro nya
Hujan… bergaya dengan payung yang baru dibeli hahaha

Dari stasiun arashiyama, untuk menuju ke bamboo forest kita harus berjalan kaki lumayan jauh dan akan melewati togetsukyo bridge, the iconic bridge at arashiyama.

Karena hari sudah siang dan kami kelaparan, akhirnya mampir untuk beli jajanan dulu. Biar gak ngerti bahasa jepang, asal tunjuk aja makanan yg dimau.

Ini si tante tempat kita jajan
Dibelakang itu togetsukyo

Kalau capek, boleh cobain naik ini

Akhirnya setelah berjalan cukup lumayan jauh, sambil kedinginan kami sampai juga ke bamboo forest…

Dari bamboo forest ikuti jalan lurus terus, akan sampai ke sagano station.

Keluar dari bamboo forest, kita akan menjumpai sederet jalan yg dipenuhi dengan restoran, coffee shop, dan souvenir shop

Japan black paint soap with halal certification

Sagano romantic train start di sagano torokko saga dan berakhir di torokko kameoka. Perjalanan dengan kereta kuno akan berlangsung selama kurang lebih 20 menit dan akan melewati pemandangan yang sangat cantik apalagi kalau didatangi saat autumn ini.

Inside sagano station
The romantic train ticket

Selama perjalanan, kami disuguhi pemandangan yang cantik seperti ini, cocok kan dengan namanya ‘sagano romantic train’

Kereta akan berhenti di Kameoka, dari saga kameoka kita hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit menuju JR Umahori station, dari sana kita kembali menuju Kyoto Station. Bahkan  perjalanan menuju Umahori station tidak akan terasa lelah karena dimanjakan dengan pemndangan cantik.

Malam ini kami akan melanjutkan perjalanan menuju tokyo menggunakan willer bus. Bus stop untuk willer bus terletak diseberang kyoto station, dari tempt locker, halte willer bus sudah terlihat. Tapi jangan harap ada penunjuk besar ya, hanya modal papan, dan petugas berseragam willer bus. Karena bus kami berangkat pukul 22.00 kami, kami masih sempat untuk mejelajahi kyoto station dan menikmati makan malam terakhir kami di kyoto.

Bus willer ini cukup nyaman, bahkan posisi duduk pun berbeda antara wanita dengan pria. Masing masing ada colokan utk charger. Perjalanan selama kurang lebih 10 jam pun tidak terasa.